Peningkatan Kecerdasan Natural Anak Melalui Permainan Pengenalan Hewan di Kelompok A1 TK Methodist Banda Aceh

Main Authors: Teiri Nurtiani, Ayi; STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, Wirda, Wirda; STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Buah Hati , 2014
Online Access: http://ejournal.stkipgetsempena.ac.id/index.php/buahhati/article/view/92
http://ejournal.stkipgetsempena.ac.id/index.php/buahhati/article/view/92/87
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kecerdasan Natural Anak melalui Permainan Pengenalan Hewan di Kelompok A1 TK Methodist Banda Aceh.” Berdasarkan observasi awal dari 25 anak di Kelompok A1, ditemui 7 anak belum mengenal hewan, 4 anak diantaranya belum mampu menyebutkan jenis-jenis hewan, dan sebagian besar anak masih belum mengenal jenis-jenis hewan, sehingga penelitian ini mengusung rumusan masalah sebagai berikut: “Apakah terjadi peningkatan kecerdasan natural anak melalui permainan pengenalan hewan di kelompok A1 TK Methodist Banda Aceh?. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok A1 TK Methodist Banda Aceh yang berjumlah 25 anak. Instrumen penelitian ini adalah observasi, kemudian data yang didapat dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh anak berkembang sangat baik (BSB) sebesar 15%. Sedangkan pada siklus II, hasil rata-rata anak berkembang sangat baik (BSB) meningkat menjadi 57% . Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan pengenalan hewan, kecerdasan natural anak meningkat sebesar 42%. Kata kunci: kecerdasan natural, permainan pengenalan hewan