Pengembangan Media Promosi Daya Tarik Wisata Brahma Vihara Arama

Main Authors: Ariawan, Kadek Dedi, Damiati, Damiati, Ida Ayu Putu Hemy Ekayani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2022
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPKK/article/view/37739
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPKK/article/view/37739/22594
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media berupa video promosi daya tarik wisata Brahma Vihara Arama serta uji coba kelayakan media yang telah dihasilkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengemabangan (Research & Development) dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket. Hasil penelitian dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) adalah video promosi daya tarik wisata Brahma Vihara Arama. Video sebagai produk pengembangan dikaji oleh 2 judgment ahli, yaitu ahli isi & ahli media. Ahli isi menyatakan bahwa video “Sangat Layak” sebagai media promosi daya tarik wisata, sedangkan ahli media menyatakan bahwa video promosi daya tarik wisata Brahma Vihara Arama “Layak” digunakan sebagai media promosi. Uji kelayakan video dilakukan oleh 60 orang siswa SMK bidang keahlian pariwisata. Hasil penilaian responden siswa menyatakan bahwa video yang dikembangkan “Sangat Layak” sebagai media promosi daya tarik wisata Brahma Vihara Arama.