UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK

Main Author: Muryanti, Sri
Format: Article info \"application/pdf\" eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Belia , 2014
Online Access: http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/313
http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/313/316
Daftar Isi:
  • Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penggunaan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan menyimak; (2) peranan media gambar dalam meningkatkan kemampuan menyimak; dan (3) meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok A di TK Siswo Utomo Bulugede Kecamatan Patebon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Siswo Utomo Bulugede Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di TK Siswo Utomo Bulugede Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak. Pra siklus sebanyak 5 anak atau 25% yang mampu menyimak dengan baik, yang cukup terdapat 4 anak atau 20% sedangkan yang kurang ada 11 anak atau 55%. Siklus I sebanyak 8 anak (40%) yang mempunyai kemampuan baik, kemampuan cukup sebanyak 7 anak (35%), dan kemampuan rendah sebanyak 5 anak (25%). Pada siklus II menjadi 16 anak (80%) yang mempunyai kemampuan baik sedangkan yang cukup sebanyak 4 anak (20%). Kata kunci: menyimak, metode bercerita, media gambar.