Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Bermain Bola
Main Author: | Nikmah, Nikmah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Belia
, 2014
|
Online Access: |
http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/171 http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/171/183 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan data dari RA Minsya’ul Wathon Grogolan Dukuhseti Pati tentang bermain bola untuk meningkatkan bermain akan memerintah orang banyak yang belum mampu meningkatkan motorik kasar dengan baik. hanya anak yang memenuhi keberhasilan dalam berbahasa baru mencapai 40% dari 25 anak. Berarti masih ada 60% atau 15 anak yang belum mampu berbahasa melalui pemanfaatan media gambar bertema. Dengan demikian banyak anak yang belum mampu memenuhi keberhasilan dari kegiatan tersebut. Berdasarkan observasi diatas, kami akan mengadakan penelitian tindakan kelas agar anak dapat mencapai ketuntasan dalam pembelajaran. Dalam konteks di atas bahwa pemanfaatan media gambar bertema diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Sehingga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan anak. Sehingga anak menjadi lebih kreatif, aktif, inovatif dan menyenangkan. Peningkatan yang telah dicapai antar siklus menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada penguasaan anak Tentang kemampuan berbahasa melalui pemanfaatan media gambar bertema anak di RA Minsya’ul Wathon Grogolan Dukuhseti Pati adalah signifikan yakni keberhasilan semula pra siklus dan siklus I pada kisaran 60 %, dan meningkat lagi pada siklus II mencapai kisaran 70%. Dan pada siklus III keberhasilan anak mencapai 85% Ini menunjukkan bahwa pembelajaran di RA Minsya’ul Wathon Grogolan Dukuhseti Pati RA Minsya’ul Wathon Grogolan Dukuhseti Pati mengalami peningkatan yang sangat baik. Karena dari kelompok B semester gasal jumlah 20 anak yang mencapai keberhasilan meningkatkan motorik kasar mencapai 85%. Setelah dilaksanakannya penelitian di RA Minsya’ul Wathon Grogolan Dukuhseti Pati maka mengalami perubahan yang signifikan antara sebelum penelitian dan sesudah penilitian mengalami peningkatan yang sangat baik. Hendaknya para guru RA mencoba menggunakan media gambar bertema yang menyenangkan agar anak tidak jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Kepada guru RA, diharapkan guru dapat memotivasi anak dalam belajar bahwa anak-anak dapat mencapai ketuntasan dalam belajar apabila mereka sungguh-sungguh memanfaatkan waktu belajar mereka sehingga mereka dapat mencapai prestasi yang baik. Kepada guru RA, diharapkan melaksanakan evaluasi secara kontinu untuk mengetahui dengan segera anak mana yang sudah dapat mencapai ketuntasan dan anak mana yang belum mencapai ketuntasan sehingga guru dapat melaksanakan program remedial dengan segera bagi anak-anak yang tertinggal. Kata Kunci : motorik kasar, bermain bola, motivasi