Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Anak Melalui Metode Jarimatika di TK Muslimat NU Miftahul Jannah
Main Author: | Ariyanti, Lusi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Belia
, 2014
|
Online Access: |
http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/169 http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/169/181 |
Daftar Isi:
- Latar belakang Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang ditujukan bagi anak-anak usia pra sekolah dengan tujuan agar anak dapat mengembangkan potensi-potensinya sejak dini, sehingga mereka dapat berkembang secara wajar sebagai sebagai anak. Tujuan dari pendidikan anak usia dini adalah agar anak memperoleh rangsangan intelektual, sosial dan emosional sesuai dengan tingkat usianya. Anak usia dini merupakan anak pada tahapan usia 0 – 8 tahun. Pada usia ini sering disebut dengan masa keemasan atau Golden Age. Pada masa ini diperlukan perhatian khusus, karena stimulasi yang diberikan dapat mempengaruhi perkembangan otak anak dan akademiknya pada masa yang akan datang. Berdasarkan pada uraian latar belakang dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : (1) apakah melalui metode Jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Muslimat Nu Miftahul Jannah Tumpang Krasak Kecamatan Jati Kabupaten Kudus? (2) Bagaimana perkembangan kemampuan konsep bilangan anak setelah menggunakan metode Jarimatika di TK?. Tujuan penelitian yang ada pada skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan konsep bilangan anak melalui metode Jarimatika di TK Muslimat Nu Miftahul Jannah Tumpangkrasak Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. (2) Untuk mengetahui kebenaran penerapan metode Jarimatika dalam upaya meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak di TK Muslimat NU Miftahul Jannah Tumpangkrasak Kecamatan Jati Kabupaten Kudus.Adapun metode yang digunakan penulis adalah menggunakan penelitian tindakan kelas dengan melakukan beberapa tindakan yang diperlukan dalam rangka mengetahui tujua yang dimaksudkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi, lembar kerja. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dari siklus I dan siklus II kemampuan konsep bilangan anak di TK Muslimat NU Miftahul Jannah Desa Tumpangkrasak Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 yang semula masih rendah menjadi meningkat. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa cara meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak di TK Muslimat NU Miftahul Jannah Desa Tumpangkrasak Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah dengan metode jarimatika. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, maka dapat disimpulkan dengan metode jarimatika yang disampaikan secara menyenangkan dan banyak permainan akan menjadikan anak merasa senang dan tidak membosankan. Dengan menggunakan sepuluh jari, anak dapat menggunakan untuk operasi tambah, kurang, lebih dari angka 10, bahkan sampai ratusan. Kata Kunci : Konsep, Bilangan, Metode Jarimatika