Pengelolaan Branding Hotel Ponty Melalui Optimalisasi Media Handling

Main Authors: Hidayat, Dasrun, Taufik, Reza Rizkina, Suhartini, Titin, Krisbianto, Sukatno
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: LPPM Universitas Bina Sarana Informatika , 2018
Online Access: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4046
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4046/2499
Daftar Isi:
  • AbstrakKeterbatasan sumber daya manusia seringkali menjadi kendala belum optimalnya fungsi media. Padahal di era disruptif saat ini, pengelolaan media tidak membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah banyak. Pengelolaan media berbasis teknologi cukup dipegang oleh satu atau dua orang yang memiliki pemahaman tentang penulisan dan teknologi. Hal ini yang menjadi pemasalahan hotel Ponty dalam mengelola media. Meskipun demikian, dari hasil data lapangan selama kegiatan pengabdian masyarakat, ditemukan bahwa manajemen hotel Ponty sudah menerapkan fungsi media. Selama ini optimalisasi media handling mereka lakukan melalui media sosial facebook. Semua kegiatan berupa release, foto, video diunggah di media berbasis internet tersebut. Face book menjadi alternatif menutupi kekurangan fungsi media relations. Hubungan dengan pihak media eksternal diakui membutuhkan biaya dan sumber daya, sehingga sampai saat ini fungsinya belum berjalan optimal. Optimalisasi media handling tidak terbatas pada media mainstreem, akan tetapi media berbasis teknologi internet justru sangat membantu fungsi media. Media mainstreem yang dikenal sebagai media konvensional, kedudukannya saling menguatkan dengan media modern yang disebut media now atau media dengan teknologi digital.Kata Kunci: Branding, Hotel Ponty, optimalisasi media relations