AUDIT TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM PERKREDITAN ONLINE TERPADU BANK XYZ CABANG PERAWANG MENGGUNAKAN ITIL V3

Main Authors: Anam, M Khairul, Riyanda Putra, Ade, Fadli, Sofiansyah, Bambang Firdaus, Muhammad, Suandi, Fadli, Lathifah, Lathifah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM STMIK Lombok , 2020
Online Access: https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/misi/article/view/127
https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/misi/article/view/127/94
Daftar Isi:
  • Bank XYZ memberi layanan kepada konsumennya melalui beberapa produk yang ditawarkan. Untuk mendukung layanan yang tersebut, Bank XYZ menyediakan sistem untuk memberikan pelayanan kepada konsumen. Pada penelitian ini yang menjadi tempat objek penelitian adalah Bank XYZ cabang Perawang. Salah satu sistem pelayanan di Bank XYZ cabang Perawang adalah Sistem Perkreditan Online Terpadu. Peran sistem ini untuk memberi kemudahan kepada karyawan Bank XYZ untuk melakukan proses layanan kredit. Dengan sistem ini, karyawan Bank XYZ dapat langsung kirim data lapangan hanya dengan menggunakan perangkat smartphone yang terpasang aplikasi tersebut dan dapat langsung diproses. Mengingat peranan sistem tersebut dalam menunjang kelancaran dalam melakukan perkreditan pada Bank XYZ cabang Perawang, maka perlu adanya evaluasi terhadap sistem tersebut. Evaluasi ini menggunakan framework ITIL version 3 dengan domain Service transition dan service operation. Hasil dari evaluasi ini, menunjukan kedua domain sudah berada pada level 4 (managed and measurable) dari skala 5. Level 4 berarti dalam menerapkan tata kelola TI telah dipahami dan diterima dengan baik, aktifitas TI sudah mengacu pada prosedur, tertulis secara jelas dan di dokumentasikan.