IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI RA KHAIRIN MEDAN TEMBUNG

Main Author: Nurlaili, Nurlaili; Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: UIN Sumatera Utara , 2019
Online Access: http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/471
http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/471/417
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan penilaian pembelajaran anak usia dini di RA Khairin. 2) Jenis instrumen penilaian pembelajaran yang digunakan di RA Khairin. 3) Teknik pelaporan penilaian pembelajaran anak usia dini yang dilakukan di RA Khairin. 4) Faktor pendukung dan penghambat implementasi penilaian pembelajaran anak usia dini di RA Khairin. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang di lakukan di RA Khairin Jalan Tuamang nomor 85 Kelurahan Siderejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan penilaian pembelajaran di RA Khairin dilakukan dengan tiga tahapan penilaian harian, penilaian bulanan dan penilaian semester. 2) Jenis instrumen penilaian yang digunakan guru di RA Khairin yaitu observasi, catatan anekdot, percakapan, unjuk kerja, penilaian hasil karya, portofolio dan tes informal. 3) Pelaporan penilaian harian dengan menggunakan bantuan grup media sosial. Pelaporan penilaian bulanan dilakukan sekolah melalui pertemuan dengan orang tua dengan menunjukkan portofolio anak sebulan sekali. Pelaporan penilaian semester dilakukan sekolah dengan menggunakan rapor dan hasil tes informal yang disampaikan melalui pertemuan dengan orangtua. 4) Adapun faktor yang menjadi pendukung dalam penilaian pembelajaran anak usia dini di RA Khairin adalah kerja tim dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan yang menjadi penghambat adalah kurangnya pemahaman guru tentang penerapan beberapa dari jenis instrumen yang ada.