Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Smartphone Sony pada PT Maju Jaya Cicaheum Bandung

Main Author: Hermina, Tinneke
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Economic Faculty Garut University , 2017
Online Access: https://journal.uniga.ac.id/index.php/JA/article/view/412
https://journal.uniga.ac.id/index.php/JA/article/view/412/394
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Harga (X1) dan Kualitas Produk (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) pengguna Smartphone Sony pada PT. Maju Jaya Cicaheum Bandung. Hal ini disebabkan karena adanya dugaan bahwa harga dan kualitas produk dari smartphone sony tidak sesuai dengan yang di harapkan oleh para konsumen, sehingga konsumen merasa tidak puas dari produk Smartphone Sony. Hal itu dapat dilihat dari data-data yang diperoleh peneliti yang memperkuat indikasi adanya permasalahan yang berkaitan dengan ketiga variabel tersebut. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pengguna Smartphone Sony pada PT. Maju Jaya Cicaheum Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada 100 orang responden yang diukur dengan skala Likert yang keseluruhan merupakan pengguna Smartphone Sony di PT. Maju Jaya Cicaheum Bandung. Teknis pengolahan data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, heteroskedastisitas), uji hipotesis, regresi linier berganda, dan koefisien determinasi. Alat yang digunakan adalah Software Microsoft Excel dan bantuan program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen pengguna Smartphone Sony pada PT. Maju Jaya Cicaheum Bandung. Variabel harga (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen. namun kualitas Produk (X2) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen.