Analisis Positioning Gerai Minimarket Berdasarkan Persepsi Konsumen di Kota Bandung (Studi pada Alfamart, Circle K, Indomaret, SB Mart, dan Yomart)

Main Author: Permatasari, Artarika
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Economic Faculty Garut University , 2018
Online Access: https://journal.uniga.ac.id/index.php/JA/article/view/373
https://journal.uniga.ac.id/index.php/JA/article/view/373/366
Daftar Isi:
  • Adanya perubahan gaya hidup masyarakat yang menuntut kemudahan dalam memenuhi kebutuhannya mempengaruhi fenomena pertumbuhan bisnis minimarket. Saat ini di Kota Bandung persaingan minimarket semakin ketat, diantaranya antara Alfamart, Circle K, Indomaret, SBMart, dan Yomart yang terus bersaing memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui positioning dari kelima gerai minimarket di Kota Bandung yaitu Alfamart, Circle-K, Indomaret, SB Mart, dan Yomart berdasarkan persepsi konsumen di Kota Bandung. Persepsi konsumen ini diukur dengan enam atribut retail mix antara lain customer service, location, store layout and design, merchandise assortment, communication mix, dan pricing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 390 responden di Kota Bandung. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Multidimensional Scaling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Indomaret menempati posisi pertama yang unggul pada atribut customer service, location, merchandise assortment, communication mix, dan pricing. Alfamart menempati posisi kedua yang unggul pada atribut store layout and design. Selanjutnya Yomart di posisi ketiga, Circle K posisi keempat, dan SB Mart posisi kelima. Saran yang diberikan, Indomaret dan Alfamart harus terus mempertahankan keunggulan pada atribut yang sudah didapatkan agar tetap memiliki persepsi yang baik di benak konsumen.