UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGHETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL HUDA KEMANGGUAN KEBUMEN

Main Author: UCY, Jurnal
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Intersections , 2019
Online Access: https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/147
https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/147/150
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Kemangguan Kebumen Tahun pelajaran 2016/ 2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, dan diperoleh sampel siswa yaitu kelas VIII D MTs Miftahul Huda Kemangguan Kebumen sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes prestasi belajar siswa.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika bagi kelas VIII D di MTs Miftahul Huda Kemangguan Kebumen. Hal ini dapat ditunjukkan dengan melihat hasil data tes akhir siklus ternyata diperoleh kenaikan nilai yang signifikan, artinya proses pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dengan hasil pada prasiklus sebesar 53,44; siklus I sebesar 64,73 dan siklus II sebesar 80,20. Dengan prsentase tuntas pada prasiklus sebesar 25%, siklus I sebesar 56,25% dan siklus II sebesar 75%.