ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL SIFAT-SIFAT GRADIEN BAB PERSAMAAN GARIS LURUS PADA SISWA SMP PGRI ARJOSARI KABUPATEN PACITAN

Main Author: UCY, Jurnal
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Intersections , 2019
Online Access: https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/146
https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/146/149
Daftar Isi:
  • Masih adanya hasil belajar siswa tentang Bab Persamaan Garis Lurus yang belum sesuai harapan salah satunya dapat dilihat pada SMP PGRI Arjosari Kabupaten Pacitan yang nilai rata-rata ulangan hariannya 62.5,lebih rendah dari KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70.00. Padahal disatu pihak, materi persamaan garis lurus dipastikan keluar dalam Ujian Nasional setiap tahunnya. Berbeda sudut pandang, berkaitan dengan pola pikir terstruktur (runtutan sub bab dan rumus), Richard I. Arends (2008: 43) pernah menyatakan dengan pola pikir kreatif , dimana berpikir kreatif adalah sebuah proses berpikir secara simbolis (melalui bahasa) berbagai objek dan kejadian riil dan menggunakan berpikir kreatif simbolis itu untuk menemukan prinsip-prinsip esensial objek dan kejadian tersebut. Dalam proses berpikir kreatif tersebut berpikir memiliki beberapa tingkatan-tingkatan. Tingkatan berpikir yang paling rendah adalah mengingat, misalnya mengingat fakta-fakta dasar ataupun rumus-rumus matematika. Kemampuan berpikir pada tingkat berikutnya adalah kemampuan memahami konsep-konsep matematika, demikian pula kemampuan untuk mengenal atau menerapkan konsep-konsep tersebut dalam mencari penyelesaian terhadap masalah yang dihadapi. Apabila merujuk pada pernyataan Richard I. Arends di atas dapat disimpulkan bahwa materi persamaan garis lurus sebetulnya dapat melatih daya kreatifitas siswa karena memuat rumus-rumus dan konsep-konsep untuk mencari penyelesaian terhadap soal yang akan mereka kerjakan. Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ; 1) kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal sifat-sifat gradien pada persamaan garis lurus ?; 2) alternatif solusi apa yang dapat diterapkan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal sifat-sifat gradien pada persamaan garis lurus? Hasil pembahasan di atas memperoleh beberapa kesimpulan terkait kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal sifat-sifat gradien garis, antara lain sebagai berikut; 1) kesulitan siswa dalam operasi bilangan negatif, 2) kesulitan siswa dalam menentukan titik pada koordinat kartesius, 3) kesulitan siswa dalam menemukan rumus sifat-sifat gradien garis. Alternatif pemecahan masalah dalam mengatasi kesulitan siswa menyelesaikan soal sifat-sifat gradien garis tersebut antara lain; 1) sebelum masuk bab persamaan garis lurus siswa diajak mengingat kembali tentang operasi bilangan bulat sampai siswa memahi betul operasi tersebut, 2) diberikan soal dengan perintah, jawaban digambar dalam koordinat kartesius kemudian baru disimpulkan , 3) siswa diberikan latihan soal baik berupa PR atau tugas sekolah sesering mungkin agar siswa terlatih dan paham dengan sendirinya tentang penggunaan rumus sifat-sifat gradien.