PENGARUH KEMAMPUAN BERTANYA TERHADAP HASIL BELAJAR

Main Author: UCY, Jurnal
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Yogyakarta , 2019
Online Access: https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/142
https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/142/145
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kemampuan bertanya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII semester II SMP Negeri 3 Banguntapan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2016/2017. Terpilih sebagai sampelnya kelas VIII C yang terdiri dari 28 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode angket untuk mengetahui pengaruh Kesiapan Belajar, dan metode tes untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Analisis data menggunakan regresi linier.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari kemampuan bertanyaterhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,386, koefisien determinan sebesar 0,149 dan persamaan regresinya Y=0,370+0,101X2, serta sumbangan relatif 45.96 % dan sumbangan efektif sebesar 11.39 %.