MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG FPB DAN KPK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERIPREMBULAN GALUR KULON PROGOTAHUN AJARAN 2015/2016
Main Author: | UCY, Jurnal |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Intersections
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/140 https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/intersections/article/view/140/143 |
Daftar Isi:
- Meningkatkan Prestasi Belajar Tentang FPB dan KPK melalui Strategi Pembelajaran Ekspositori bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Prembulan Galur Kulon Progo Tahun Pelajaran 2015/2016.Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Prembulan Galur, dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar matematika mengalami peningkatan. Pada pra siklus nilai rata-rata kelas adalah 67,71 yaitu 15 siswa yang mencapai KKM, persentase pencapaian KKM adalah 53,57%. Pada siklus I rata-rata naik 9,56 poin dan nilai rata-rata kelas 77,27 pada siklus I dengan 18 orang siswa yang mencapai KKM, persentase pencapaian KKM sebesar 64%. Pada siklus II rata-rata naik 9,63 poin yaitu sebesar 86,90. Pada siklus II dengan 23 orang siswa mencapai KKM, persentase pencapaian KKM sebesar 82%.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memberikan saran guru dapat menerapkan strategi pembelajaran ekspositori sebagai variasi model pembelajaran.