UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI CARD SORT DAN SNOW BALLING SMP

Main Author: Lumkhatun, Lumkhatun
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2013
Online Access: https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/99
https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/99/337
Daftar Isi:
  • Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura melalui penerapan strategi pembelajaran card sort dan snow balling. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 38 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan , dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn Materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu dari siswa yang memahami materi dalam menjawab pertanyaan atau aktif dalam pembelajaran hanya sebanyak 11 siswa atau 28,50% dari jumlah keseluruhan. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi card sort dan snow balling pada proses pembelajaran diperoleh hasil yaitu siklus I meningkat menjadi 21 siswa atau 55,25% dari jumlah keseluruhan dan siklus II diperoleh meningkat menjadi 31 siswa atau 81,50% dari jumlah keseluruhan. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort dan Snow Balling dapat Meningkatkan Pemahaman Materi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia dalam Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura, terbukti dan diterima kebenarannya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan strategi card sort dan snow balling akan menyebabkan semakin tinggi pula pemahamn materi pada siswa. Dengan demikian strategi card sort dan snow balling merupakan faktor yang ikut mempengaruhi pemahamn materi pada siswa dalam proses pembelajaran PKn materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia