STRATEGI CART SORT UNTUK PENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN PKn SISWA SMP

Main Authors: Ari Bowo, Ahmad Nasir, Mutmayana, Dewi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2013
Online Access: https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/98
https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/98/336
Daftar Isi:
  • Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran PKn Materi HAM pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Satu Atap Gabus melalui penerapan strategi pembelajaran Card Sort. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negari 4 Satu Atap yang berjumlah 36 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informen atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi HAM di kelas VII SMP Negeri Satu Atap Gabus, yaitu dari siswa yang aktif bertanya , berpendapat dan menjawab pertanyaan sebanyak 5 (13, 90%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Card Sort pada pembelajaran diperoleh hasil yaitu siklus I meningkat menjadi 20 (55, 60%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang direvisi pada siklus II diperoleh meningkat menjadi 29 (80, 60%) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi idikator kinerja.