UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI LEMBAGA PEMERINTAH PUSAT MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH KELAS IV SDN 2 GERDUREN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Main Author: Sukriswati, Sukriswati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2016
Online Access: https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/351
https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/351/418
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Lembaga Pemerintah Pusat Melalui Model Cooperative Tipe Make A Match Kelas IV SDN 2 Gerduren dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh faktor guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Melalui Model Cooperative Tipe Make A Match Kelas IV SDN 2 Gerduren pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi lembaaga pemerintah pusat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri atas tahap perencanaan, tindakan,pengamatan, dan refleksi. Hasil dari siklus I menunjukan rata-rata prestasi belajar sebesar 71,2 dengan persentase ketuntasan 64% yaitu 16 siswa tuntas pada siklus I dari 25 siswa . Hasil dari siklus II menunjukan rata-rata 76 dengan persentase ketuntasan 84% yaitu 21 siswa tuntas pada siklus 2 dari 25 siswa. Hasil dari tes siklus I dan siklus II telah melebihi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal yang mensyaratkan nilai rata-rata ≥ 75 dan prosentase kelulusan 84%. Perolehan skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 2,3 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus II skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 3,3 dengan kriteria siswa sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa motivasi dan prestasi Hasil Belajar PKn Materi Lembaga Pemerintah Pusat Melalui Model Cooperative Tipe Make A Match Kelas IV SDN 2 Gerduren mengalami peningkatan.