Internalisasi Perspektif Bhineka Tunggal Ika Dalam Pendidikan Agama Islam Di Indonesia

Main Author: Sulistiyo, Rozib
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Agama Islam Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (FAI UCY) , 2018
Online Access: https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/187
https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/187/190
https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/187/218
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menggali perspektif Bhinneka Tunggal Ika (BTI) yang identik dengan gagasan multikulturalisme dalam ajaran Islam secara literer. Dari penelusuran secara filosofis dapat dikembangkan untuk penguatan implementasi pendidikan agama Islam di Indonesia. Melalui filsafat Islam bisa diketahui bahwa  manusia dalam penerimaan tatanan moralnya tidak selalu sama dengan manusia lainnya. Ketidaksamaan ini disebabkan karena perbedaan karakter alamiah yang mendasari setiap individu. Implikasinya dalam  menerima perbaikan  juga sangat beragam.  Perspektif BTI itu bisa dikembangkan dalam Pendidikan Agama Islam. Untuk itu, pendidik diharuskan untuk menentukan strategi yang tepat guna membentuk pribadi muslim Indonesia bersusila menghargai kemajemukan.
  • This study aims to explore the perspective of Unity in Diversity or Bhinneka Tunggal Ika (BTI) which is identical to the idea of multiculturalism in Islamic teachings in a literal manner. From a philosophical search can be developed to strengthen the implementation of Islamic religious education in Indonesia. Through Islamic philosophy it can be seen that humans in accepting their moral order are not always the same as other humans. This inequality is caused by differences in the natural character underlying each individual. The implications for receiving repairs are also very diverse. The BTI perspective can be developed in Islamic Education. For this reason, educators are required to determine the right strategies to shape Indonesian Muslim individuals who despise pluralism.