PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE (TTW)TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Main Authors: | Siregar, Sri Lestari, Siburian, Tiur Asi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Asas: Jurnal Sastra
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/3817 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/3817/3399 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen oleh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah two group post-test design dengan populasi penelitian sebanyak 315 siswa, dan dijadikan sample sebanyak 70 orang siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW)dan model konvensionalmasing-masing 71,28 dan 80. Berdasarkan uji normalitas data variabel eksperimen diperoleh < yaitu 0,12<0,14, sedangkan pada variabel kontrol diperoleh < yaitu 0,11<0,14 sehingga data variabel eksperimen dan kontrol dapat dinyatakan bahwa sampel berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai < pada taraf nyata α = 0,05 yakni 1,13<1,78 sehingga dinyatakan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang kelompok homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diketahui to sebesar 4,21, kemudian dikonsultasikan dengan pada taraf signifikan 95% dengan dk = +–2) = 35+35–2= 68, dari dk 68 diperoleh > yaitu 4,21>1,66. Dengan demikian, hipotesis dapat diterima. Hal ini membuktikan bahwa model Think Talk Write (TTW) berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen. Kata Kunci: model Think Talk Write (TTW), unsur-unsur Intrinsik, cerpen