Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Babalan Tahun Pembelajaran 2013/2014
Main Author: | ulfa, warni atul; pendidikan bahasa dan sastra indonesia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Asas: Jurnal Sastra
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/1493 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/1493/1232 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Babalan tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Babalan, yang berjumlah 200 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi dengan menggunakan teknik Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essay menulis teks ekspsosisi. Hasil rata-rata diperoleh setelah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah 75,25. Sedangkan sebelum penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah 64,12. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulis teks eksposisi, hal tersebut terbukti setelah diperoleh perhitungan pada uji t yaitu diperoleh thitung>ttabel yaitu 5,70 > 2,03.Kata Kunci: pengaruh, model, Pembelajaran Berbasis Masalah, teks eksposisi