PKMS PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERANGKAT KAMPUNG MAHUMU II DI KECAMATAN TAMAKO KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Main Authors: Papuas, Alfrianus , Tuwohingie, Desmin, Sehang, Steve Arthur
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Ilmiah Tatengkorang , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-journal.polnustar.ac.id/tkrg/article/view/271
http://e-journal.polnustar.ac.id/tkrg/article/view/271/202
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang semakin pesat dalam usaha mengefektifkan layanan kepada masyarakat sampai pada tingkat Desa. Keberadaan TIK selain dapat meningkatkan pelayanan juga bermanfaat dalam proses pengolahan data yang dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan, mendukung pengambilan keputusan dan banyak manfaat lainnya. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pelayanan masyarakat tentu harus melalui proses berkelanjutan dimana selain mempersiapkan infrastruktur TIK juga harus mempersiapkan sumberdaya manusia yang mampu mengoperasikan TIK.. Pada kegiatan pengabdian ini, tim menyediakan infrastuktur TIK berupa 1 unit komputer dan 1 unit layar monitor sebagai media penyampaian informasi. Tim juga melaksanakan kegiatan pelatihan pengoperasian TIK kepada Sekretaris Kampung, Operator Kampung, Anggota PKK dan Kepala-Kepala Lindongan. Selain itu juga, tim melakukan pendampingan selama dua bulan untuk membantu mitra dalam penanganan teknis infrastruktur TIK. Hasil yang dicapai pada kegiatan ini adalah tersedianya perangkat TIK yang dapat digunakan oleh aparatur desa untuk pelayanan administrasi publik selain itu aparatur desa telah memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat TIK.   The rapid development of information and communication technology (TIK) make efficiency in public services for rural area. TIK does not only upgrade public services, but also it can use for data processing in development planning, making decision letter and others. Utilization of information and communication technology for public service should be through TIK infrastructure and human resources who can operate it. In this community services, the team gives facilities like; one unit personal computer and monitor as information equipment. Than, team gives TIK workshop for village secretary, village operator, member of village empowering woman, and coordinators of village. And than, team has accompanied them to operate and fix for technical handling of  TIK for two month. As the result, there are available TIK equipment for service public document and employees who have competence in TIK.