PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Main Authors: Chairunnisa, Connie, Istaryatiningtias, Istaryatiningtias, El Khuluqo, Ihsana
Other Authors: LPPM UNINDRA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Indraprasta PGRI , 2020
Subjects:
PTK
Online Access: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/5180
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/5180/2956
Daftar Isi:
  • Pengabdian masyarakat ini berjudul pemberdayaan guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas di SMKN 47 tujuannya untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengintegrasikan pengajaran dengan pengembangan guru, pengembangan kurikulum dengan evaluasi, penelitian dengan filosofis refleksi, serta kedalaman konsep yang menyatu dengan praktik pendidikan yang reflektif, melatih guru agar dapat memberikan perlakuan kepada para siswa atau responden yang diteliti treatment yang nyata di sekolah, seperti pemberian hand-outs dalam pembelajaran, metode mengajar yang terencana dan dapat menyiapkan buku acuan belajar untuk siswa ,mewujudkan proses penelitian yang mempunyai manfaat ganda, yaitu bagi peneliti memperoleh informasi yang berkaitan dengan permasalahan hendak dipecahkan, dan pihak subjek yang diteliti (Siswa). Metode pelaksanaan adalah klasikal dengan strategi pembelajaran yang bersifat kognitif, afektif, dan psikomotorik, relevan dengan pencapaian tujuan yaitu untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam penelitian dan juga disesuaikan dengan kondisi khalayak sasaran metode berperan serta di dalam kelompok, disesuaikan dengan bidang studi para guru .Pelatihan PTK ini juga melatih peserta untuk dapat memahami metodelogi penelitian, sehingga diharapkan dapat membantu para guru dalam penelitian baik kuantitatif maupun kualitatif. Hasil dari kegiatan ini guru-guru dapat memahami metodologi penelitian tindakan kelas ,Guru dapat memahami metode pengumpulan dan pengolahan ; Guru-guru dapat memahami dan membuat artikel hasil penelitian; Guru-guru dapat mengevaluasi interaksi proses pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).