Peningkatan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK dengan Pola Penyajian Saintifik Guru SMK Budhi Warman II Jakarta
Main Authors: | Sirait, Erlando Doni; FTIK, Universitas Indraprasta PGRI, Irfansyah, Puput, Risdian, Aaan |
---|---|
Other Authors: | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNINDRA |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Indraprasta PGRI
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/4086 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/4086/2960 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/downloadSuppFile/4086/792 |
Daftar Isi:
- Kegiatan pelatihan peningkatan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dengan pola panyajian saintifik ini direncanakan akan dilaksanakan di SMK Budhi Warman II Jakarta ditemukan permasalahan seperti kurang maksimalnya penggunaan komputer/laptop dalam kegiatan belajar mengajar; kurang kreatifitas dan inovatifnya kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar serta tidak maksimalnya pembelajaran saintifik dalam kegiatan belajar mengajar. Metode pelaksanaan PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) dalam penerapan IPTEK adalah kaji tindak partisipasif. Metode ini berarti pengikutsertaan seseorang untuk melakukan sesuatu atau pengambilan bagian dari sesuatu yang harus dilakukan oleh pelakunya. Pembelajaran partisipasif dapat diartikan sebagai upaya pendidik untuk mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran partisipsif mengandung arti ikut sertanya peserta didik di dalam program pembelajaran partisipasif. Penggunaan komputer/laptop yang semakin sering dilakukan oleh guru selain itu juga guru mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi media pembelajaran yang diberikan sehingga guru dalam melaksanakan pembelajaran semakin kreatif dan inovatif dan guru mendapat pola pembelajaran saintifik semakin terpenuhi dengan adanya pelatihan media pembelajaran tersebut.