TINJAUAN FENOMENOLOGIS SENI RUPA MODERN INDONESIA
Main Author: | Pracoyo, M. Hum., Drs. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.isi.ac.id/index.php/ars/article/view/241 |
Daftar Isi:
- dengan bidang seni lukis semata, mesiu makna sesungguhnya tidak demikian, melainkanberlaku pula bagi jenis karya seni rupa lainnya seperti seni patung, seni grafis, seni kriya(meliputi seni kriya logam, ukir kayu, keramik, bauk), dan sebagainya. Akan tetapi ridakdipungkiri bahwa ditinjau dari aspek sejarah peranan seni lukis sangat menonjol sehubungandengan proses pembentukan dan kemunculan seni rupa modem Indonesia berupa timbulnyasikap baru yang mendasari penciptaan karya-karya seni rupa dan hal itu membedakannyadengan hal-hal yang mendasari penciptaan karya-karya seni rupa pada masa sebelumnya (senirupatradisional).Seni rupa modem Indonesia merupakan bahagan baru dari perkembangan seni rupsIndonesia masa sebelumnya, sejak masa pra-sejarah berlanjut ke masa proto-sejarah, masaklasik-kecandian 'Hindu dan Budha), masa masuknya pengaruh agama Islam, masa masuknyapengaruh budaya Barat bersamaan dengan terjadinya jaman penjajahan oleh bangsa-bangsaBarat, masa kemerdekaan hingga sekarang.Keberadaan seni rupa modern Indonesia yang dirintis oleh Raden Saleh SyarirBustaman (1814-1880) dan sempat terputus kuranglebih 50 tahun, tampil kembali dan mulaiberkembang sejak 1925 hingga kini, sehingga eksistensinya dapat dikatakan masih sangatmuda bila dibandingkan dengan keberadaan seni rupatradisional Indonesia.