Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran matematika, banyak guru mengalami kesulitan dalam mengajar siswa bagaimana memecahkan permasalahan sehingga banyak siswa yang juga kesulitan mempelajarinya. Sudah saatnya untuk membenahi proses pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipiilih yaitu model pembelajaran SAVI dengan berbantuan Maple. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan koneksi matematika siswa materi turunan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sirampog yeng terdiri dari kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen, kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI IPA sebagai kelas uji coba. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa kelas eksperimen sebesar 84 dan kelas kontrol sebesar 71. Dari hasil uji ketuntasan belajar diperoleh siswa kelas eksperimen mencapai KKM (individual dan klasikal). Dari hasil uji beda rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematiika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan berdasarkan uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ= 2,934 + 1,055 X. Karena r hitung > r tabel maka terdapat hubungan yang positif dan besar pengaruh aktivitas siswa adalah 71,3%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran SAVI berbantuan Maple berpengaruh positif terhadap kemampuan koneksi matematika siswa.