EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI LINGKARAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang mendapat model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan kontekstual melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah antara kelas yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada kelas yang menggunakan model konvensional, apakah terdapat pengaruh positif aktivitas peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan kontekstual. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Ulum NU Paguyangan tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Data dianalisis dengan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata, dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah sebesar 79 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol adalah sebesar 72. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen melampaui KKM yaitu 70 dengan proporsi peserta didik yang tuntas melebihi 75%. Selain itu hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi y ̂=-8,992 + 1,119x menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif peningkatan aktivitas peserta didik dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebesar 75,4%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan kontekstual efektif dengan kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran.