Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini ditemukan saat peneliti melakukan wawancara, bahwa ditemukan permasalahan bahwa hasil belajar siswa rendah dalam mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil pembelajaran IPA tema 2 subtema 2 pembelajaran 1 siswa kelas V SD Negeri Pakujati 01 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah kuantitatif, pendekatan eksperimen, desain Pre-experimental Design, rancangan dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Pakujati 01. Analisis data uji normalitas, uji hipotesis, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini rata-rata hasil penilaian posttest hasil belajar siswa kelas (problem based learning) sebesar 60,30%. Dapat diketahui bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel, yaitu 34,736>4,82, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi pada penelitian ini terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA.