PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI SRIDADI 02 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi ditemukannya keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Sridadi 02 dan pembelajaran masih bersifat konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh model talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Sridadi 02 Tahun Pelajaran 2018/2019 dan besarnya pengaruh tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Pre-experimental Design dan model One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sridadi 02 sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitasn, uji regresi linear sederhana, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Sridadi 02 Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun besarnya pengaruh yang ditimbulkan model pembelajaran talking stick terhadap keterampilan berbicara sebesar 72,30%, sedangkan 27,70% sisanya dipengaruhi faktor lain.