ctrlnum 558
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.peradaban.ac.id/558/</relation><title>EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V SD NEGERI TONJONG 01 TAHUN PELAJARAN 2018/2019</title><creator>Aryani, Rika (NIM.40215026)</creator><subject>Hasil Belajar, Prestasi Siswa</subject><subject>371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><subject>Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa. Pada saat pembelajaran IPA berlangsung siswa kurang aktif atau pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Prestasi belajar IPA siswa masih rendah karena masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Mininal yang telah di tetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata prestasi belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat mencapai KKM serta mengetahui rata-rata prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dibandingkan rata-rata prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.&#xD; Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dan sampel penelitian ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan diantaranya uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan proporsi, dan uji beda rata-rata. &#xD; Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat mencapai KKM. Rata-rata prestasi belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 81,73 lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 75,00. Rata- rata keaktifan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 82,46 lebih baik dibandingkan keaktifan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 75,61. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifaan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share efektif terhadap prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa.</description><date>2019-09-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.peradaban.ac.id/558/1/40215026_HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.peradaban.ac.id/558/2/40215026_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.peradaban.ac.id/558/3/40215026_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.peradaban.ac.id/558/4/40215026_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.peradaban.ac.id/558/5/40215026_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.peradaban.ac.id/558/6/40215026_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.peradaban.ac.id/558/7/40215026_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.peradaban.ac.id/558/8/40215026_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Aryani, Rika (NIM.40215026) (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V SD NEGERI TONJONG 01 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban. </identifier><recordID>558</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Aryani, Rika (NIM.40215026)
title EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V SD NEGERI TONJONG 01 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
publishDate 2019
topic Hasil Belajar
Prestasi Siswa
371.3 Metode dan Model Pembelajaran
Media Pembelajaran
Kegiatan Belajar Mengajar
Sains
IPA
Teknologi dan Kesehatan
url http://eprints.peradaban.ac.id/558/1/40215026_HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.peradaban.ac.id/558/2/40215026_BAB%20I.pdf
http://eprints.peradaban.ac.id/558/3/40215026_BAB%20II.pdf
http://eprints.peradaban.ac.id/558/4/40215026_BAB%20III.pdf
http://eprints.peradaban.ac.id/558/5/40215026_BAB%20IV.pdf
http://eprints.peradaban.ac.id/558/6/40215026_BAB%20V.pdf
http://eprints.peradaban.ac.id/558/7/40215026_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.peradaban.ac.id/558/8/40215026_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.peradaban.ac.id/558/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa. Pada saat pembelajaran IPA berlangsung siswa kurang aktif atau pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Prestasi belajar IPA siswa masih rendah karena masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Mininal yang telah di tetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata prestasi belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat mencapai KKM serta mengetahui rata-rata prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dibandingkan rata-rata prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dan sampel penelitian ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan diantaranya uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan proporsi, dan uji beda rata-rata. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat mencapai KKM. Rata-rata prestasi belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 81,73 lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 75,00. Rata- rata keaktifan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 82,46 lebih baik dibandingkan keaktifan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 75,61. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifaan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share efektif terhadap prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa.
id IOS8188.558
institution Universitas Peradaban
institution_id 768
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Peradaban
library_id 781
collection Repository Universitas Peradaban
repository_id 8188
city Bumiayu
province JAWA TENGAH
repoId IOS8188
first_indexed 2019-11-27T20:31:29Z
last_indexed 2019-12-18T18:11:41Z
recordtype dc
_version_ 1686611470569177088
score 17.538404