PERAN GURU PENDAMPING DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V B SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya guru pendamping di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Penelitian ini difokuskan pada peran guru pendamping dalam proses pembelajaran di kelas V B SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk endeskiripsikan peran guru pendamping dalam proses pembelajaran di kelas VB SD Islam Ta’allumul Huda. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran di kelas V B SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu, yaitu terdiri dari beberapa tahapan yaitu, tahap awal atau tahap perencanaan, tahap inti atau pelaksanaan dan tahap evaluasi. Peran guru pendamping di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu antara lain: guru pendamping sebagai demonstrator, guru pendamping sebagai pengelola kelas, guru pendamping sebagai mediator dan fasilitator, guru pendamping sebagai evaluator.