Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDIT Robbi Radhiyya Curup

Main Authors: Sari, Susi Purnama, Azwar, Beni, Nasution, Aida Rahmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://e-theses.iaincurup.ac.id/77/1/PENERAPAN%20%20MODEL%20%20PEMBELAJARAN%20%20STUDENT%20FACILITATOR%20AND%20EXPLAINING%20%20DALAM%20%20MENINGKATKAN%20HASIL%20%20BE.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/77/
Daftar Isi:
  • Dalam proses belajar guru mempunyai tugas untuk memilih model yang tepat. Permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDIT RR Curup. Penelitian ini menggunakan jenis True Exsperimental. Populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas V SDIT RR Curup yang berjumlah 51 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 25 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Penentuan kelas dengan hasil penentuan yaitu siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis. Analisis data menggunakan metode analisis statistik uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan Hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan Model Student Facilitator And Explaining dengan hasil belajar Matematika siswa yang tidak menggunakan Model Student Facilitator And Explaining di Kelas V SDIT RR Curup. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil uji-t diperoleh thitung = 3,06 ≥ ttabel (α = 0,05, dk= 49) = 2,02. Oleh sebab itu Ha diterima yaitu artinya Ada perbedaan Hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan Model Student Facilitator And Explaining dengan hasil belajar Matematika siswa yang tidak menggunakan Model Student Facilitator And Explaining di Kelas V SDIT Rabbi Radhiyya Curup.