Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi.Ips 3 SMA Negeri 2 Rejang Lebong
Main Author: | Asmawati, Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-theses.iaincurup.ac.id/475/1/Sri%20Asmawanti%20Nim.%2015641018%20Prodi.%20BKPI.pdf http://e-theses.iaincurup.ac.id/475/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diangkat berdasarkan hasil survei selama Praktek Lapangan Bimbingan Konseling di Sekolah bahwa beberapa siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 2 Rejang Lebong mempunyai kemandirian belajar yang rendah. Ada beberapa siswa yang ketergantungan dengan guru dan temannya dalam masalah belajar, siswa terbiasa belajar menjelang ujian, siswa selalu mengulur-ulur waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, dan akhirnya menyontek sebagai andalannya. Berdasarkan fakta di atas peneliti ingin melaksanakan layanan konseling kelompok ini dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa tersebut. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen bentuk pre- experimen design. Desain penelitiannya pre test and post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Dengan teknik purposive sampling. Uji validitas dan reabilitas dengan menggunakan uji ahli yakni expert jugdemans. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa sebelum di berikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan rata-rata sebesar 70,29%, termasuk dalam kategori sedang, setelah di berikan perlakuan berupa konseling kelompok meningkat dengan rata-rata sebesar 78%, termasuk dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Rejang Lebong.