Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Peduli Sosial (Studi Kasus Kelas X Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejang Lebong)

Main Authors: Hardianti, Rien, Nuzuar, Nuzuar, Siswanto, Siswanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-theses.iaincurup.ac.id/47/1/INOVASI%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DALAM%20MENINGKATKAN%20KARAKTER%20PEDULI%20SOSIAL.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/47/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dalam penelitian ini bahwa pembentukan karakter salah satu tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Karakter tidak datang dengan sendirinya, melainkan harus dibentuk, ditumbuh kembangkan dan dibangun kemauan yang teguh merupakan salah satu wujud dari karakter seseorang melalui proses sosialisasi. Berhasil atau tidaknya guru pendidikan agama Islam dalam pendidikan karakter peduli sosial ini tidak lepas dari strategi dan inovasi yang dimiliki oleh seorang guru itu sendiri dalam mendidik tertutama dalam pendidikan karakter peduli sosial ini. Karena peran dari guru pendidikan agama islam ini sangat penting dalam meciptakan karakter peduli sosial peserta didik.Bagaimana inovasi strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN Rejang lebong? dan Bagaimana bentuk karakter peduli sosial siswa MAN Rejang Lebong? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN Rejang lebong dan Bagaimana bentuk karakter peduli sosial siswa MAN Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang terkumpul dari hasil pengamatan (observasi, wawancara dan dokumentasi), mengadakan reduksi data, display data, kesimpulan danverifikasi. Simpulan penelitian ini yakni :1) Guru pendidikan agama islam dalam pendidikan karakter peduli sosial ini tidak lepas dari strategi dan inovasi yang dimiliki oleh seorang guru itu sendiri dalam mendidik tertutama dalam pendidikan karakter peduli sosial ini. Karena peran dari guru pendidikan agama islam ini sangat penting dalam menciptakan karakter peduli sosial peserta didik.2) guru dapat menanamkan nilai kepedulian sosial dengan cara sosialisasi tentang kepedulian social seperti kunjungan ke panti asuhan untuk memberikan nuansa yang nyata, kepada siswa untuk menumbuhkan sifat tolong menolong dalam melakukan kebaikan.