“Upaya Guru Dalam Mengatasi Kecurangan Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP it Rabbi Radhiyya”

Main Author: Astuti, Riska Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-theses.iaincurup.ac.id/447/1/UPAYA%20GURU%20DALAM%20MENGATASI%20KEECURANGAN%20AKADEMIK%20SISWA%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20PAI%20DI%20SMP%20IT%20RABBI%20RAD.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/447/
Daftar Isi:
  • Kecurangan akademik merupakan suatu permasalahan yang belum pernah selesai dalam dunia pendidikan. Salah satu tolok ukur dari keberhasilan kualitas pendidikan adalah nilai evaluasi dari hasil pembelajaran, setiap peserta didik tentunya ingin mendapatkan nilai yang baik karena nilai tersebut menjadi salah satu hal yang menjadi tolok ukur kesuksesan seseorang. Sehingga segala upaya dilakukan agar dapat berhasil dalam ujian, termasuk dengan cheating (kecurangan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kecurangan akademik, faktor yang mempengaruhinya dan upaya guru dalam mengatasi kecurangan akademik siswa di SMP IT Rabbi Radhiyya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif memperhatikan proses, peristiwa, dan otentisitas. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder merupakan data yang didapat secara langsung dari informan. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam , Kepala Sekolah,Wali Kelas serta siswa kelas VII SMP IT Rabbi Radhiyya Curup. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data yang diperoleh di lapangan dicatat atau direkam dalam bentuk naratif. Kemudian reduksi data, proses pemilihan dan pemusatan perhatian. Langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data atau validasi data dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi data yaitu dengan memadukan beberapa teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, bentuk kecurangan akademik yang terjadi di SMP IT Rabbi Radhiyya adalah mencontek, plagiasi dan kerjasama yang salah. Kedua, faktor kecurangan akademik yang terjadi pada siswa kelas VII di SMP IT Rabbi Radhiyya adalah faktor efikasi diri, faktor lingkungan/teman, faktor religi dan faktor dari guru. Ketiga, upaya guru dalam mengatasi kecurangan akademik adalah dengan melakukan mentoring, pengarahan, motivasi, membuat variasi soal ujian, menyusun posisi meja saat ujian, dan memberikan hukuman kepada siswa yang berbuat curang.