Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Di Sman 03 Rejang Lebong

Main Author: Yani, Eti April
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-theses.iaincurup.ac.id/446/1/STRATEGI%20GURU%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DALAM%20MENINGKATKAN%20SELF%20CONTROL%20SISWA%20DI%20SMAN%2003%20REJANG%20LEBONG.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/446/
Daftar Isi:
  • Di SMAN 03 Rejang Lebong banyak permasalahan mengenai siswa siswi yaitu kurang disiplin, bolos pada saat jam pelajaran, merokok, melawan guru dan tidak menutup kemungkinan siswa yang masih senang berkelahi pada saat jam pulang sekolah.Untuk itu perlu adanya self-control dari guru PAI untuk menanganinya. Adapun tujuan penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam meningkatkan self control Siswa di SMAN 03 Rejang Lebong. 2) Untuk mengetahui hasil yang dicapai guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan self control Siswa di SMAN 03 Rejang Lebong. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam pengembangan self control SMAN 03 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) Penelitian ini berbentuk kualitatif. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini ialah sebanyak 2 orang guru PAI, Kepala sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data: Observasi (Pengamatan) dan Wawancara dan Dokumentasi. Dalam analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan Penelitian ini disimpulkan; Pertama, strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan self Control siswa kdi SMAN 03 Rejang Lebong sebagai berikut: Kegiatan keagamaan, komunikasi dan kerjasama dengan guru BP dan siswa, memberikan instruksi, peringatan dan hukuman, komunikasi antara guru dan siswa atau personal, intrakulikuler dan ekstrakulikuler. Kedua, hasil yang dicapai dari self control di SMAN 03 Rejang Lebong siswa lancar baca al-qur’an bahkan ada sebagian mereka mulai dari IQRO’. Ketiga, Faktor pendukung Seperti : kepala sekolah, Guru -guru memberikan dukungan. Faktor Penghambat: keterbatasan waktu menjadi penghambat dalam melaksanakan self control seperti sedikitnya jam pembelajaran PAI yang hanya bisa untuk penyampaian materi yang dituntut oleh kurikulum.