Upaya Guru Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial (Sosial Skil) Santri Di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang

Main Author: Rukmana, Kesi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-theses.iaincurup.ac.id/422/1/UPAYA%20GURU%20PONDOK%20PESANTREN%20DALAM%20MENINGKATKAN%20%20KETERAMPILAN%20SOSIAL%20%28SOSIAL%20SKIL%29%20SANTRI%20%20DI%20PONDOK%20PESANTREN%20MODERN%20DARU~1.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/422/
Daftar Isi:
  • Keterampilan sosial (social skill), Pada dasarnya tugas dari Pondok Pesantren adalah mewujudkan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Lebih khususnya Pondok Pesantren sebagai produksi ulama’ dengan kualitas keislaman, keimanan, keilmuan dan akhlaknya santri diharapkan mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya. Berdasarkan tipe penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, dan lain-lain. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah kepala pondok pesantren, Guru dan Siswa di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama Pendidikan Keterampilan Sosial (social skill) santri seperti keterampilan berkomunikasi dalam berbahasa arab dan bahasa inggris. kedua Faktor penghambat meningkatkan Keterampilan Sosial (social skill) santri yaitu santri yang dari keluarga yang kurang harmonis(broken home) santri cendrung pendiam ada juga dari keluarga yang keras jadi santri suka melanggar peraturan pondok pesantren Ketiga faktor pendukung meningkatkan Keterampilan Sosial (social skill) santri yaitu keluarga, lingkungan pesantren, ustadz dan ustadzah. keempat Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan Keterampilan Sosial (social skill) santri menumbuhkan rasa simpati dan empati kepada santri