Upaya Guru Dalam Meningkatkan Proses Belajar Pai Di Smpn Muara Megang Kecamatan Megang Sakti

Main Author: Anggraini, Lizza Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
etc
Online Access: http://e-theses.iaincurup.ac.id/400/1/UPAYA%20GURU%20DALAM%20MENINGKATKAN%20PROSES%20BELAJAR%20PAI%20DI%20SMPN%20MUARA%20MEGANG%20KECAMATAN%20MEGANG%20SAKTI.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/400/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini mengkaji tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Proses Belajar PAI di SMPN Muara Megang Kecamatan Megang Sakti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran PAI di SMPN Muara Megang, dan usaha guru dalam meningkatkan proses belajar PAI di SMPN Muara Megang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan kata lain penelitian menuturkan dan menafsirkan data yang berkenaan dengan fakta, keadaan, variabel, dan fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung dan menyajikan dengan apa adanya. Bagdan dan Taylor mendefinisikan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang dihasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Guru sudah hangat dan antusias dengan cara menciptakan awal yang berkesan. Jika awalnya baik, menarik dan memikat, maka proses belajar akan hidup dan menyenangkan. Guru harus mampu memberikan tantangan, seperti memberikan pertanyaan pebuka yang bisa memancing rasa ingin tahu siswa terkait dengan materi yang lalu dan materi yang akan di pelajari selanjunya. Guru juga harus memiliki kecakapan agar dapat mengemas mata pelajaran yang diajarkan sedemikian rupa, sehingga dapat menimbulkan perasaan tertantang pada diri siswa. Dan dapat menanamkan disiplin diri. Upaya dalam meningkatkan efektifitas proses belajar PAI dengan menerapkan manajemen berbasis kelas di SMPN Muara Megang Kecamatan Megang Sakti yaitu sudah berhasil di mana siswa sudah menjadi semangat dalam belajar dan disiplin dalam segala hal.