Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sdn 18 Rejang Lebong

Main Author: Aini, Zumratul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-theses.iaincurup.ac.id/301/1/zumratul%20aini%2015591056.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/301/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan komunikasi guru sebagai alat interaksi antara guru dan siswa, yang mana tugas guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dilakukannya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi guru, untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 18 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan survey lapangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah korelasi Product moment. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi guru baik dengan persentase sebesar 68% dan hasil belajar siswa cukup dengan persentase 36% , terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 18 Rejang Lebong. Pengujian hipotesisnya sebagai berikut : dimana ro = 0,447 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,396 dengan demikian Ha diterima dan HO ditolak. Artinya semakin baik kemampuan guru dalam mengkomunikasikan materi pembelajaran maka semakin baik pula hasil belajar yang diperoleh siswa SDN 18 Rejang Lebong.