Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di SMA 4 Rejang Lebong

Main Author: Susilawati, Lia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-theses.iaincurup.ac.id/245/1/PEMBELAJARAN%20MEMBACA%20AL-QUR%E2%80%99AN%20DI%20SMA%204%20REJANG%20LEBONG.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/245/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berlatar belakang karena peneliti ingin mengetahui bagimana pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMA 4 Rejang Lebong kelas X, dan ingin mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembelajaran membaca Al-Qur’an beserta bagaimana hasil pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMA 4 Rejang Lebong. Bertujuan untuk mengetahui bagimana pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMA 4 Rejang Lebong kelas X, dan ingin mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembelajaran membaca Al-Qur’an beserta bagaimana hasil pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMA 4 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, displey data, dan verifikasi data. Analisis data tersebut bertujuan untuk mengetahui pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMA 4 Rejang Lebong. Kesimpulan dari penelitian, pertama Pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMA 4 Rejang Lebong sudah ada sejak dulu dan sudah cukup baik, karena di dukung oleh fasilitas yang disediakan sekolah dalam menunjang pembelajaran membaca AlQur’an. Kedua faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran membaca AlQur’an. Faktor penghambat dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an datang dari kesiapan siswa dalam belajar, motivasi dan karakteristik siswa itu sendiri dan alokasi waktu pembelajaran yang sangat sedikit. Faktor pendukungnya adalah diri sendiri, kemauan siswa dalam belajar, guru, lingkungan sekolah dan sarana dan prasarana yang menunjang pada pembelajaran membaca Al-Qur’an itu sendiri. Ketiga keberhasilan siswa dalam membaca Al-Qur’an sudah cukup baik dari yang tadi nya mereka kurang paham sekarang sudah lebih paham lagi terutama dalam hukum bacaannya, akan tetapi masih ada diantara mereka yang belum paham dengan hukum bacaannya.