Manajemen Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Rejang Lebong

Main Authors: Lindiani, Lindiani, Rahmaningsih, Sri, Arsil, Arsil
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-theses.iaincurup.ac.id/232/1/MANAJEMEN%20KEPALA%20SEKOLAH%20SEBAGAI%20SUPERVISOR%20GURU%20DI%20MADRASAH%20IBTIDAIYAH%20NEGERI%2001%20REJANG%20LEBONG.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/232/
Daftar Isi:
  • Kepala sekolah sebagai supervisor merupakan komponen yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas disiplin guru dan meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagai pemimpin kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap kemajuan sekolah. oleh karena itu dalam pendidikan seorang kepala sekolah harus mampu menyusun strategi agar dapat mencapai tujuan nya. Kemudian peran kepala sekolah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru, sehingga guru menjadi bersemangat dan termotivasi dalam menjalankan tugas nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan seorang supervisor dalam meningkatkan kinerja seorang guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Rejang Lebong; (2) faktor pendukung dan penghambat yang ditemui kepala sekolah dalam maningkat kinerja guru dimadrasah Ibtidaiyah Negeri 01 rejang Lebong . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Rejang Lebong . Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru . Objek penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Rejang Lebong . data kualitatif dianalisis melalui pengidentifikasian data, penganalisisan data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah sebagai supervisor guru sudah melaksanakan tugas nya seperti melakukan perencaan, pengorganisasian, penggerakan,dan pengawasan. Faktor pendukung kepala sekolah sebagai supervisor di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Rejang Lebong adalah adanya pemberian reward terhadap karyawan yang kinerja nya baik, sedangkan untuk faktor penghambat kepala sekolah sebagai supervisor yaitu kurang nya sarana dan prasarana seperti tidak adanya cctv untuk memantau aktivitas belajar mengajar dari jarak jauh.