Studi Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an Hanzah Rejang Lebong

Main Authors: Fitriani, Intan, Warlizasusi, Jumira, Syahindra, Wandi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-theses.iaincurup.ac.id/231/1/STUDI%20ANALISIS%20PELAKSANAAN%20PEMBELAJARAN%20%20MEMBACA%20DAN%20MENGHAFAL%20AL-QUR%E2%80%99AN%20DI%20RUMAH%20QUR%E2%80%99AN%20HANZAH%20REJANG%20LEBONG.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/231/
ctrlnum 231
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://e-theses.iaincurup.ac.id/231/</relation><title>Studi Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Dan Menghafal Al-Qur&#x2019;an Di Rumah Qur&#x2019;an Hanzah Rejang Lebong</title><creator>Fitriani, Intan</creator><creator>Warlizasusi, Jumira</creator><creator>Syahindra, Wandi</creator><subject>BV1460 Religious Education</subject><description>Pentingnya mempelajari Al-Qur&#x2019;an bagi anak, dengan membaca dan menghafal Al-Qur&#x2019;an akan meningkatkan kecerdasan dan menambah daya ingat anak. Belajar Al-Qur&#x2019;an merupakan kewajiban yang utama bagi setiap mukmin begitu juga mengajarkannya. Belajar Al-Qur&#x2019;an dapat dibagi dalam beberapa tingkatan, yang pertama, yaitu belajar membacanya sampai lancar dan baik menurut kaidah-kaidah yang berlaku dalam qira&#x2019;at dan tajwid, yang kedua yaitu belajar arti dan maksud yang terkandung didalamnya dan yang terakhir yaitu belajar menghafal di luar kepala salah satu lembaga pendidikan membaca dan menghafal Al-Qur&#x2019;an di Rejang Lebong adalah Rumah Qur&#x2019;an Hanzah. Dalam menyampaikan materi pelajaran juga tidak terlepas dari penggunaan beberapa metode, salah satunya dalam materi pembelajaran Al-Qur&#x2019;an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur&#x2019;an di Rumah Qur&#x2019;an Hanzah. Penelitin ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis data dan hasil penelitian yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan yang sedang berlangsung atau terjadi dan menganalisis datanya dengan tidak menggunakan perhitungan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanan pembelajaran membaca Al-Qur&#x2019;an di Rumah Qur&#x2019;an Hanzah bagi para guru dan murid menggunakan metode iqro&#x2019; dan metode usmani. Dalam pembelajaran menghafal Al-Qur&#x2019;an menggunakan beberapa metode yaitu metode talqin, metode wahdah, thariqatu takriry al-qiraati al-juz&#x2019;i (membaca berulang-ulang), setoran (talaqqi), memuraja&#x2019;ah (mengulang hafalan). Masing-masing metode pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur&#x2019;an tersebut memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Walaupun sudah menggunakan beberapa metode membaca Al-Qur&#x2019;an untuk mempermudah murid dalam mengucapkan makhraj huruf, metode usmani lebih efektif digunakan dari pada metode iqro&#x2019;. Sedangkan untuk mempermudah anak dalam menghafal Al-Qur&#x2019;an kelima metode telah efektif digunakan oleh guru di Rumah Qur&#x2019;an Hanzah.</description><date>2019-08-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://e-theses.iaincurup.ac.id/231/1/STUDI%20ANALISIS%20PELAKSANAAN%20PEMBELAJARAN%20%20MEMBACA%20DAN%20MENGHAFAL%20AL-QUR%E2%80%99AN%20DI%20RUMAH%20QUR%E2%80%99AN%20HANZAH%20REJANG%20LEBONG.pdf</identifier><identifier> Fitriani, Intan and Warlizasusi, Jumira and Syahindra, Wandi (2019) Studi Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Dan Menghafal Al-Qur&#x2019;an Di Rumah Qur&#x2019;an Hanzah Rejang Lebong. Diploma thesis, IAIN Curup. </identifier><recordID>231</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fitriani, Intan
Warlizasusi, Jumira
Syahindra, Wandi
title Studi Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an Hanzah Rejang Lebong
publishDate 2019
topic BV1460 Religious Education
url http://e-theses.iaincurup.ac.id/231/1/STUDI%20ANALISIS%20PELAKSANAAN%20PEMBELAJARAN%20%20MEMBACA%20DAN%20MENGHAFAL%20AL-QUR%E2%80%99AN%20DI%20RUMAH%20QUR%E2%80%99AN%20HANZAH%20REJANG%20LEBONG.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/231/
contents Pentingnya mempelajari Al-Qur’an bagi anak, dengan membaca dan menghafal Al-Qur’an akan meningkatkan kecerdasan dan menambah daya ingat anak. Belajar Al-Qur’an merupakan kewajiban yang utama bagi setiap mukmin begitu juga mengajarkannya. Belajar Al-Qur’an dapat dibagi dalam beberapa tingkatan, yang pertama, yaitu belajar membacanya sampai lancar dan baik menurut kaidah-kaidah yang berlaku dalam qira’at dan tajwid, yang kedua yaitu belajar arti dan maksud yang terkandung didalamnya dan yang terakhir yaitu belajar menghafal di luar kepala salah satu lembaga pendidikan membaca dan menghafal Al-Qur’an di Rejang Lebong adalah Rumah Qur’an Hanzah. Dalam menyampaikan materi pelajaran juga tidak terlepas dari penggunaan beberapa metode, salah satunya dalam materi pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an di Rumah Qur’an Hanzah. Penelitin ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis data dan hasil penelitian yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan yang sedang berlangsung atau terjadi dan menganalisis datanya dengan tidak menggunakan perhitungan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanan pembelajaran membaca Al-Qur’an di Rumah Qur’an Hanzah bagi para guru dan murid menggunakan metode iqro’ dan metode usmani. Dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an menggunakan beberapa metode yaitu metode talqin, metode wahdah, thariqatu takriry al-qiraati al-juz’i (membaca berulang-ulang), setoran (talaqqi), memuraja’ah (mengulang hafalan). Masing-masing metode pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an tersebut memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Walaupun sudah menggunakan beberapa metode membaca Al-Qur’an untuk mempermudah murid dalam mengucapkan makhraj huruf, metode usmani lebih efektif digunakan dari pada metode iqro’. Sedangkan untuk mempermudah anak dalam menghafal Al-Qur’an kelima metode telah efektif digunakan oleh guru di Rumah Qur’an Hanzah.
id IOS8165.231
institution Institut Agama Islam Negeri Curup
institution_id 2824
institution_type library:university
library
library Pusat Perpustakaan IAIN Curup
library_id 2185
collection e-theses IAIN Curup
repository_id 8165
city Curup
province BENGKULU
repoId IOS8165
first_indexed 2019-11-07T05:36:32Z
last_indexed 2019-11-07T05:36:32Z
recordtype dc
_version_ 1686608703966412800
score 17.538404