Evaluasi Program Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa Di Smp Negeri Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas
Main Authors: | Fitriah, Anis, Kusen, Kusen, Ridwan, Rifanto Bin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-theses.iaincurup.ac.id/205/1/TESIS%20%28ANIS%20FITRIAH.%2016861002%29.pdf http://e-theses.iaincurup.ac.id/205/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Program Ekstrakurikuler Pramuka dalam meningkatkan prestasi Non Akademik, kemudian mengevaluasi menggunakan CIPP dan mengetahui hambatan dan memberikan solusi. Metode yang digunakan Penelitian ini menggunakan desain penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif-deskriptif.Dalam penelitian ini, model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Model evaluasi CIPP dipilih karena aspek yang ditinjau dalam model penelitian ini dianggap lebih komprehensif dibanding dengan metode evaluasi lainnya. Hasil dari penelitian ini Dari urutan butir nomor di atas, siswa yang mengikuti kegiatan pramuka, prestasi non akademiknya lebih condong atau dominan kepada “memiliki kepribadian yang kuat, lalu kemandirian, disiplin, mandiri, team work, sopan santun, yang mencapai angka 3 – 3,7. Sedangkan tingkat kereligiusan, leadership skil atau kecakapan, seni komunikasi dan bersosial hanya mencapai angka 1,9 sampai 2,9. Dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan pramuka adalah kurangnya dukungan orang tua, jadwal kegiatan ekstrakurikuler yang bersamaan, biaya, dan pengaruh dari teman.