Upaya Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Di Jam Siang Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) (Studi Kasus di SMKN 1 Semende Darat Laut)
Main Authors: | Arianti, OKta Fitri, Ahmad, Nuzuar, Yanuarti, Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-theses.iaincurup.ac.id/196/1/UPAYA%20GURU%20DALAM%20MENINGKATKAN%20KONSENTRASI%20BELAJAR%20SISWA%20DI%20JAM%20SIANG%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20%28PAI%29.pdf http://e-theses.iaincurup.ac.id/196/ |
Daftar Isi:
- Konsentrasi belajar mutlak perlu dimiliki oleh setiap siswa dalam proses pembelajaran. hal ini dikarenakan konsentrasi beesar pengaruhnya terhadap hasil serta tujuan dari pembelajaran tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang tidak berkonsentrasi saat pembelajaran PAI. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan konsentrasi belajar di SMK Negeri 1 Semende Darat Laut.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, tentu pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif baik dalam segi pengumpulan data maupun analisis data. Selanjutkan akan dilakukan pengecekan ulang jika diperlukan. Hasil Penelitian ini adalah pertama konsentrasi belajar siswa di jam siang pada mata pelajaran PAI adalah Perilaku kognitif, perilaku efektif, perilaku psikomotor, perilaku bahasa. Kedua faktor yang memperngaruhi konsentrasi belajar siswa ada dua faktor-faktor yaitu faktor internal berasal dari dalam diri seseorang dan faktor eksternal berasal dari luar diri seseorang. Ketiga upaya guru meningkatkan konsentrasi belajar mengecek kesiapan belajar siswa, menanamkan minat belajar kepada siswa, menggunakan metode mengajar yang menyenangkan dan menarik, memberikan permainan ice breaking untuk mengembalikan konsentrasi belajar siswa yang mulai menurun.