Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Muhamadiyah Desa Kampung Delima Kabupaten Rejang Lebong

Main Authors: Baratasena, Diajeng, Sugiatno, Sugiatno, Rahmaningsih, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-theses.iaincurup.ac.id/157/1/UPAYA%20KEPALA%20MADRASAH%20DALAM%20MENINGKATKAN%20KINERJA%20GURU%20DI%20MADRASAH%20ALIYAH%20MUHAMADIYAH%20DESA%20KAMPUNG%20DELIMA%20KABUPATEN%20REJANG~1.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/157/
Daftar Isi:
  • Kepala Madrasah sebagai pengelola institusi pendidikan, tentu saja mempunyai peran yang sangat penting, karena ia sebagai pengelola tenaga pendidikan, pelaksana, pengorganisasian, desainer, dan pengawas program pendidikan di Madrasah, Peran Kepala Madrasah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru, sehingga guru menjadi bersemangat dan termotivasi dalam menjalankan tugasnya. Hal ini disebabkan guru mendapatkan perhatian, rasa aman, dan pengakuan atas prestasi kinerjanya. Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh Kepala Madrasah Aliyah Muhamadiyah Desa Kampung Delima Kabupaten Rejang Lebong dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya penyajian data menggunakan pendekatan deskriptif, berupa kata-kata, tulisan, atau lisan dari subyek yang diamati yaitu, Kepala Madrasah, Guru, dan Siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan upaya Kepala Madrasah pada aspek kinerja guru yang mencangkup, pembinaan disiplin tenaga kependidikan, pengendalian dan pengawasan kinerja guru, pemberian motivasi, pemberian penghargaan, dan presepsi, sudah berjalan, hanya saja belum maksimal, kinerja guru yang mencangkup penyusunan dan pemilihan sumber media pembelajaran, model pembelajaran yang variatif dikategorikan sudah baik, hanya saja dalam memanfaatkan waktu mengajar dan memimpin keadan kelas masih kurang efektif dan kondusif.