Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits (Study Kasus di MTs Ar-Rahmah Air Meles Atas Curup)

Main Authors: Soresni, Lenti, Warsah, Idi, Masudi, Masudi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-theses.iaincurup.ac.id/13/1/KESULITAN%20BELAJAR%20SISWA%20DALAM%20MEMAHAMI%20MATA%20PELAJARAN%20AL-QUR%E2%80%99AN%20DAN%20HADITS%20%28Study%20Kasus%20di%20MTs%20Ar.pdf
http://e-theses.iaincurup.ac.id/13/
Daftar Isi:
  • KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS (STUDY KASUS MTS AR-RAHMAH CURUP) Abstrak: Penelitian ini berlatar belakang karena peneliti ingin mengetahui sejauh mana kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa-siswi di MTs Ar-Rahmah, khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits, serta ingin mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dan upaya apa yang di lakukan dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut di Mts Ar-Rahmah. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif, dengan jenis penelitian kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo, dan dokumen resmi lainnya. Sehingga yang menjadi tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah dengan mencocokkan antara realita dengan teori yang berlaku dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : pertama, faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa di MTs Ar-Rahmah diantaranya 1) Siswa ada yang belum bisa mengaji atau membaca ayat Al-Qur’an maupun Hadits 2) Siswa ada yang belum bisa menulis ayat-ayat Al-Qur’an 3) Siswa merasa kesulitan dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an ataupun Hadits 4) Suasana kelas yang tidak kondusif 5) Keterbatasan Penglihatan. Kedua, upaya guru mengatasi kesulitan belajar siswa di MTs Ar-Rahmah yaitu 1) Guru Menggunakan metode pengulangan 2) Guru bersama orang tua berperan penting dalam keberhasilan belajar siswa 3) Guru mendorong siswa untuk memotivasi diri sendiri 4) Guru melakukan pendekatan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar 5) Guru selalu memberi semangat belajar siswa. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pemahaman, Al-Qur’an dan Hadits