ANALISIS PENERIMAAN SISTEM INFORMASI E-PUSKESMAS DI KABUPATEN BADUNG BERDASARKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

Main Authors: Alvian, Viky Yudi, Widarsa, I Ketut Tangking
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana , 2019
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/59437
https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/59437/34527
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penerapan sistem informasi e-Puskesmas di Kabupaten Badung masih memiliki beberapa masalah yaitu kualitas jaringan internet yang belum memadai sehingga operator kesulitan dalam menginput data pasien. Permasalahan berikutnya yaitu gangguan pada fitur untuk melakukan rujukan pasien. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerimaan operator terhadap sistem informasi e-Puskesmas. Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Besar sampel sebanyak 65 orang pegawai yang mengoperasikan e-Puskesmas. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang mengacu pada Technology Acceptance Model. Hasil dari penelitian ini yaitu 76,92% responden menyatakan sistem informasi e-Puskesmas berguna, sebesar 61,54% responden menyatakan mudah digunakan, dan sebesar 80% responden menyatakan menerima penggunaan sistem informasi e-Puskesmas. Namun, masih terdapat masalah yaitu kualitas jaringan internet belum merata, menambah beban pekerjaan, data pada sistem tidak sesuai dengan hasil pencatatan manual, kesulitan dalam memahami tampilan antarmuka sistem, kode ICD-X masih diinput secara manual, gangguan pada fitur untuk melakukan rujukan pasien, dan belum ada fitur untuk melakukan permintaan obat ke gudang obat dinas kesehatan. Penerapan sistem ini masih perlu diperbaiki dengan dengan peningkatan kualitas jaringan internet, penambahan operator di puskesmas dan puskesmas induk, perbaikan sistem untuk mengurangi terjadinya error, pelatihan terhadap penggunaan sistem, penambahan fitur kode ICD-X dalam sistem, perbaikan fitur rujukan pasien, dan penambahan fitur untuk permintaan obat ke gudang farmasi dinas kesehatan. Kata Kunci : Penerimaan operator, Sistem Informasi e-Puskesmas, Technology Acceptance Model (TAM)
  • ABSTRACT There were some problems on e-Puskesmas's implementation in Badung Regency. The first problem is the quality of internet connection is not good in some areas. This problem makes the operator feels difficult when input the patient’s data because this system needs good internet connection. The second problem is an error on patient’s online referral feature. This research was conducted to know the acceptance level of the system. This research was an analytic study with cross sectional design. The sample size was 65 staff that operate e-Puskesmas. The sampling methods was cluster random sampling. The research instruments was a questionnaire that based on Technology Acceptance Model. The results showed that 76,92% of respondent stated e-Puskesmas is useful, 61,54% of respondent stated e-Puskesmas is easy to use, and 80% of respondent accepted the usage of e-Puskesmas. However, still there some problem such as increase the operator’s workload, mismatched data on the system compared with manual record, bad internet connection, the user interface is not friendly by some user, lack of ICD-X code, errors on patients referral feature, and still no feature to make a drug request to pharmacy storage. This system’s implementation still need an improvement such as the improvement of the internet connection quality, and adding more staff to decrease operator’s workload, system enhancement to minimize system error, conduct staff training before system update, adding the ICD-X code feature to the system, improvement of the patients referral feature, and adding the drug request feature to the pharmacy storage. Keywords: The operator's acceptance level, e-Puskesmas Information System, Technology Acceptance Model (TAM)