EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DALAM PENJUALAN PADA PERUSAHAAN ONLINE (STUDI KASUS PADA PT. METRAPLASA EBAY INDONESIA WWW.BLANJA.COM)

Main Authors: MEGA NOVITA, Pembimbing: DRS. HASSANEIN RAIS, MBA, AK, Pembimbing Metodologi: AMELIA OKTRIVINA DS., SE, M.AK
Format: Karya Ilmiah Mahasiswa
Terbitan: Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila (FEB-UP)
Subjects:
Online Access: http://perpus.univpancasila.ac.id:80/uplib/index.php?p=show_detail&id=88175
Daftar Isi:
  • ABSTRACT Penelitian ini dilakukan pada PT. Metraplasa eBay Indonesia www.blanja.com, yang berlokasi di Mulia Business Park, Building J Jl. Letjen MT Haryono Kav. 58-60, Pancoran Jakarta Selatan 12780, Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang penjualan online (E-commerce) dalam konsep market place. Market place adalah sebuah sarana jual beli produk dimana seller dan juga buyer bertemu di suatu tempat. Masa pengamatan dalam penelitian ini adalah antara bulan Juni sampai dengan bulan Agustus 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan mengetahui apakah sistem pengendalian internal dalam penjualan PT. Metraplasa eBay Indonesia www.blanja.com telah dilaksanakan dengan baik oleh manajemen. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, obesrvasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pengendalian internal penjualan yang meliputi lingkungan pengendalian yaitu komitmen pada kompetensi serta partisipasi dewan komisaris dan komite audit, informasi dan komunikasi, dan pemantauan akuntansi pertanggungjawaban, belum efektif jika dibandingkan dengan teori. Pada penilaian risiko dan aktivitas pengendalian umumnya sudah efektif hal ini dapat dilihat dari adanya pemisahan tugas dan tanggung jawab yang memadai serta terdapat tim khusus dalam penilaian risiko. Kata kunci : Evaluasi, Sistem Pengendalian Internal, Penjualan