Analisis Model Pengelolaan Platform New Media oleh Klub Sepakbola di Indonesia
Main Authors: | Fathru Qalbie Septizar Akbar, Faridhian Anshari |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah Dosen |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Komunikasi, Unversitas Pancasila
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://perpus.univpancasila.ac.id:80http://perpus.univpancasila.ac.id\/index.php?p=show_detail&id=125518 http://perpus.univpancasila.ac.id:80http://perpus.univpancasila.ac.id\/repository/EKIDUPT200233.pdf http://perpus.univpancasila.ac.id:80http://perpus.univpancasila.ac.id\/images/docs/EKIDUPT200233.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model apa saja yang tercipta dari pengelolaan platform new media oleh klub sepakbola di Indonesia. Selanjutnya, hasil dari penelitian ini akan dibandingkan dengan model new media management yang dilakukan oleh klub sepakbola Eropa melalui pendekatan MOSC (Model for Online Sport Communication). Adapun manfaat dari penelitian ini adalah penciptaan model yang dapat dijadikan acuan untuk klub sepakbola lain, dalam memanfaatkan platform new media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif di mana teknik pengambilan data akan dimulai dengan menggunakan analisis konten terhadap seluruh platform new media klub sepakbola di Indonesia, yang berujung kepada pemilihan sepuluh klub memiliki jumlah followers tertinggi, di mana dalam perjalanannya hanya tujuh klub yakni Persib Persija, Arema, Persebaya Persela, PSIS, dan PSS yang bersedia menjadi objek utama dalam penelitian ini. Selanjutnya teknik pengambilan data melalui wawancara mendalam juga digunakan oleh peneliti kepada divisi media officer untuk mendapatkan jawaban penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa terciptanya tiga model dalam pengelolaan platform new media di klub sepakbola Indonesia, yaitu: model interaksi aktif, interaksi pasif, dan non interaksi.