PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMK DENGAN SETTING PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENGEMBANGKAN SOFT SKILL SISWA

Main Authors: Rahayu, Ni Made Sruti, Sadia, I Wayan, Pujani, Ni Made
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia , 2018
Online Access: http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2927
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2927/1559
Daftar Isi:
  • AbstrakPenelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran fisika SMK dengan setting project based learning (PjBL) yang valid, praktis dan efektif dalam mengembangkan soft skill siswa. Metode yang digunakan adalah Ressearch and Development (R&D) mengacu pada model 4-D yang disarankan Thiagarajan dengan tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X kelompok teknologi SMK Negeri 1 Susut pada tahun pelajaran 2014/2015 (N= 51). Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa (n = 33) yang diambil dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi perangkat, lembar observasi keterlaksanaan, angket respon guru dan angket respon siswa. Data tentang validitas dan kepraktisan perangkat yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif, sedangkan data keefektifan dalam mengembangkan soft skill dianalisis menggunakan uji- t pihak kanan dengan α sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata 3,56, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran berada pada kategori sangat praktis dengan rata-rata 3,7, dan 3) Keefektifan perangkat pembelajaran berada pada kategori sedang (efektif) dalam meningkatkan soft skill siswa. Soft skill siswa setelah pembelajaran lebih baik setelah diterapkannya perangkat pembelajaran daripada sebelum diterapkannya perangkat pembelajaran fisika SMK dengan setting project based learning. Kata kunci: Perangkat pembelajaran fisika SMK, Project Based Learning, soft skill. AbstractThis research is aimed at generating vocational physics learning device with project based learning settings (PjBL) is valid, practical and effective in developing students' soft skills. The method used is Ressearch and Development (R & D) with reference to the 4-D model suggested Thiagarajan . The population in this study first class technology group SMK Negeri 1 Susut in the school year 2014/2015 (N = 51). Samples were students of first class of expertise Technology and Engineering (n = 33) were taken by random sampling technique. Data were collected using the validation sheet, observation sheet, teacher questionnaire responses and student questionnaire responses. Data of validity and practically were analyzed using descriptive and effectiveness with right t-test α of 0.05. The results showed that 1) the developed learning device that are in the category of very valid with an average of 3.56, 2) the practicaly of learning tools that are in the category of very practical with an average of 3.7, and 3) the effectiveness of the learning device in the medium category (effective) to developing the students' soft skills. Student soft skills of students after implementation better than before the implementation of vocational physics learning device with setting Project Based Learning. Key words: Vocational physics learning device, Project Based Learning, soft skills.