PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK BERBASIS ANEKA SUMBER (RESOURCES BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Main Authors: Partami, Luh Eva Juli, Rendra, Ndara Tanggu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia , 2019
Online Access: http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2908
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2908/1534
Daftar Isi:
  • AbstrakTujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Talking Stick Berbasis Aneka Sumber (Resources Based Learning) pada siswa kelas IV SD No. 4 Lukluk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No. 4 Lukluk yang terdiri 19 orang siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan model pembelajaran kooperatif Talking Stick Berbasis Aneka Sumber (Resources Based Learning) pada siswa kelas IV No. 4 Lukluk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2016/2017.Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dengan tes hasil belajar. Selanjutnya data-data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Talking Stick Berbasis Aneka Sumber (Resources Based Learning) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD No. 4 Lukluk. Nilai rata-rata kelas pra siklus 64,47 dengan katagori rendah meningkat pada siklus I sebesar 70,52 dengan katagori sedang dan meningkat pada siklus II sebesar 82,11 dengan katagori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada tindakan siklus II sudah mencapai kretria keberhasilan penelitian. Kata kunci: Model pebelajaran kooperatif talking stick berbasis aneka sumber (resources based learning) dan hasil belajar IPA. AbstractThe purpose of this classroom action research is to find out the achievement of learning science using talking stick, resources based learning method on fourth graders of SD No. 4 Lukluk, Mengwi, Badung academic year 2016/2017. The subject of this classroom action research is the fourth graders of SD 4 Lukluk which consist of 19 students. The talking stick resources based learning method was used to reach the goal. The data was obtained using the method and test. Then the data was analysed using descriptive quantitative. The result shows that there is an improvement in science learning achievement by applying the method. The low class average score of pre cycle 64,47 increased on cycle one for 70,50 which is average and it is increased on cycle two for 82,11 which is high. This shows that result of cycle two has considered successful in research..Keywords: learning model, cooperative learning stick talking resources based on learning science learning result